Beberapa Alat Medis Di Ruang NICU

Ruang NICU merupakan salah satu diantara sekian banyak ruang yang ada di rumah sakit. Tahukah anda apa itu ruang NICU ? NICU merupakan kependekan dari Neonatal Intensive Care Unit atau dapat kita artikan sebagai ruang rawat intensive khusus untuk pasien bayi yang baru lahir.

Alat Medis Ruang NICU

Ruang ini memiliki peranan penting untuk perawatan bayi yang baru lahir. Khususnya mereka yang memiliki kelainan – kelainan atau gangguan kesehatan tertentu dimana harus dirawat dalam ruangan ini. Berikut beberapa alat medis khusus yang disiapkan di dalam ruangan tersebut.

1# – Inkubator Bayi

Kita tentu sedikit banyak sudah mengetahui apa itu inkubator bayi. Inkubator Bayi adalah sebuah alat medis yang berfungsi untuk merawat bayi prematur dari kecil hingga siap untuk beradaptasi dengan lingkungan bebas. Memang tidak semua bayi prematur harus dirawat di dalam inkubator bayi. Namun hendaknya di rumah sakit atau klinik bersalin harus memiliki alat tersebut.

2# – Infant Warmer

Satu lagi, alat yang harus ada di rumah sakit atau klinik lainnya yaitu Infant Warmer. Apa itu infant warmer ? Infant warmer merupakan salah satu alat medis yang digunakan untuk menghangatkan bayi.

Terkadang bayi – bayi yang baru lahir mengalami gangguan yang berhubungan dengan suhu badan. Oleh sebab itu ia akan kedinginan apabila dibiarkan. Alat ini membantu menghangatkan bayi sampai kondisi tubuhnya stabil dan mampu beradaptasi dengan suhu lingkungan.

3# – Baby Monitor

Pada dasarnya alat monitor untuk bayi, sama halnya dengan alat monitor untuk orang dewasa. Ada beberapa parameter yang perlu dilakukan pemantauan pada kesehatan bayi seperti aritma jantung, tekanan darah, SpO2 dan lain sebagainya. Alat ini didesain dengan spesifikasi yang pas untuk bayi yang baru lahir.

4# – Lampu Fototerapi

Berikutnya adalah lampu fototerapi untuk bayi kuning. Lampu ini diberikan pada bayi yang mengalami sindrom hiperbilirubinemia. Yaitu kelebihan kadar bilirubin dalam darah yang berakibat pada timbulnya pigmen kuning pada kulit bayi. Jika kadar bilirubin sudah melewati batas toleransi, maka lampu fototerapi dibutuhkan untuk membantu memecah bilirubin tersebut sehingga kembali pada nilai normalnya.

5# – Ventilator Bayi

Alat ini berfungsi untuk menggantikan sebagian atau seluruh fungsi kerja paru – paru pada pasien dengan gangguan pernafasan yang akut. Bayi prematur yang organ parunya belum berkembang sempurna akan mengalami kesulitan bernafas. Oleh sebab itu dibutuhkan alat bantu pernafasan untuk membantu proses pernafasannya yaitu ventilator.

Nah, itulah beberapa macam alat – alat kesehatan khusus yang ada di ruang NICU. Untuk alat lainnya merupakan alat – alat umum yang memang harus ada di ruang apa saja seperti alat infus, kateter dan lain sebagainya.

Untuk anda yang sedang membutuhkan alat – alat medis untuk ruang NICU, anda bisa mendapatkannya di toko alat kesehatan resmi www.glorya.co.id. Sebuah perusahaan alat medis resmi yang menyediakan berbagai macam alat medis lengkap dan berkualitas. Sekian, semoga bermanfaat !