BEBERAPA LANGKAH UNTUK MEMBELI BARANG DARI CHINA

1. Peraturan utama dalam memesan barang

Aturan praktis ketika mengimpor barang dari Cina adalah: spesifik. Jangan berasumsi bahwa pemasok tahu apa yang Anda inginkan atau bahwa dia tidak akan mengambil jalan pintas untuk mencapai harga yang disepakati. Masukkan sebanyak mungkin detail dalam pesanan Anda – ukuran, warna, ketebalan, bahan, dan sebagainya. Kirim diagram atau gambar jika Anda bisa sehingga tidak ada ruang untuk keraguan. Watch out untuk jumlah pesanan minimum besar (MOQ) ketika Anda memesan dari Cina. Setiap vendor Cina akan memiliki MOQ sendiri, yang merupakan jumlah unit terkecil yang dapat Anda pesan. Beberapa pabrikan bekerja dalam jumlah sangat besar, ribuan unit, sedangkan yang lain bersedia menjual beberapa ratus unit sekaligus. Cara terbaik untuk mengetahui MOQ pemasok adalah dengan bertanya. Harga per unit cenderung menjadi lebih murah semakin banyak unit yang Anda pesan, jadi pastikan untuk meminta harga dengan jumlah yang berbeda – 500, 1000 dan 5000 unit, misalnya.

2. Negosiasi dalam pembayaran

Pastikan pesanan Anda spesifik tentang ketentuan pembayaran. Biasanya ada ruang untuk negosiasi harga ketika berhadapan dengan produsen Cina, tetapi pastikan Anda memiliki catatan tertulis tentang harga akhirnya.

3. Bersiaplah untuk uang muka

Sebagian besar pemasok mengharapkan Anda untuk meletakkan sejumlah uang di muka, biasanya sekitar 30 persen, dengan saldo harus dibayarkan ketika barang sudah siap dikirim. Sebagian besar vendor bahkan tidak akan melihat pesanan Anda sampai uang muka ditransfer ke akun mereka. Ini berisiko: jika penjual tidak mengirimkan barang, Anda tidak punya cara untuk mendapatkan uang Anda kembali.

4. Pertimbangkan jaminan perdagangan

Alibaba menawarkan layanan perlindungan pembayaran yang disebut “jaminan perdagangan.” Ini menjamin uang Anda kembali jika Anda tidak mendapatkan jumlah atau kualitas barang yang Anda pesan atau kiriman tidak mendarat.

5. Bersiap untuk pengiriman

Pengiriman laut lima hingga enam kali lebih murah daripada pengiriman udara dan penting jika Anda mengimpor sejumlah besar barang. Navigasi juga rumit jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Mengimpor barang melalui udara atau laut membutuhkan sejumlah dokumentasi seperti faktur komersial, daftar pengepakan, dan daftar muatan lading untuk menghapuskan bea cukai, dan mungkin ada bea masuk untuk membayar barang impor Anda. Para importir juga diharuskan membayar jaminan yang bertindak sebagai polis asuransi jika Anda gagal membayar bea cukai Anda. Dan tentu saja, beberapa barang dilarang diimpor, titik.

6. Pertimbangkan untuk merekrut agen bea cukai

Saran terbaik di sini adalah menyewa agen bea cukai yang dapat mengurus semua prosedur ini untuk Anda. Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti Jadwal Tarif Perdagangan Internasional Komisi Harmonis Amerika Serikat untuk mengetahui bea cukai apa yang akan dinilai pada produk yang Anda beli, tetapi mungkin lebih mudah untuk meminta seorang ahli mengaturnya untuk Anda.

7. Hal-hal yang perlu diwaspadai

Jika semua ini terdengar mudah, ingatlah bahwa ada beberapa jebakan yang harus diwaspadai. Di mana pun Anda bertemu pemasok, kendala bahasa dapat membuat komunikasi menjadi sangat sulit dan Anda harus jelas tentang apa yang Anda pesan. Tanyakan, klarifikasi dan tegaskan kembali semua poin Anda dan pastikan ada catatan tertulis tentang semua yang Anda sepakati. Sulit untuk mengontrol kualitas ketika pemasok berbasis di luar negeri. Jika ini pesanan besar, sewalah perusahaan inspeksi pihak ketiga untuk memeriksa kualitas produk. Untuk sekitar $ 300, Anda bisa mendapatkan cek jaminan kualitas sebelum produk meninggalkan pabrik (dan pembayaran meninggalkan rekening bank Anda). Perhatikan scammers. Tidak semua orang memiliki niat jujur di pasar online dan jika kesepakatan terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu benar. Gunakan perlindungan pembayaran Alibaba jika Anda khawatir akan terkena scam.

Untuk informasi terkait lainnya, silahkan kunjungi cara impor barang dari China