Contoh Resensi Buku Non Fiksi Lengkap Pengertiannya

Pernahkah Anda mendengar resensi? Kata resensi digunakan ketika seseorang berbicara tentang menerbitkan buku atau novel. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci definisi resensi bersama dengan contoh resensi buku non-fiksi.

Kami memberikan beberapa contoh ulasan buku non-fiksi yang cukup lengkap di artikel ini. Jika Anda memiliki masalah dengan ulasan buku, Anda berada di tempat yang tepat

Di bawah ini adalah penjelasan dari ulasan lengkap:

Pengertian Resensi Buku

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi buku adalah diskusi buku atau keputusan buku. Isi ulasan atau novel adalah diskusi singkat dan jelas yang memberikan penjelasan dan pendapat tentang buku atau novel.

Dalam meninjau buku atau novel berarti mengevaluasi dan mengungkapkan isi buku sesuai dengan pemikiran Anda. Bahkan, menulis ulasan dimaksudkan untuk memberikan buku informasi yang telah direvisi ke masyarakat luas.

Selanjutnya, meninjau buku atau novel dimaksudkan untuk menyampaikan kepada pembaca buku yang dibuat oleh penulis. Apakah buku atau novelnya lebih berharga atau tidak?

Ketika Anda memahami tujuan ulasan buku, Anda perlu tahu elemen apa yang perlu dipertimbangkan ketika meninjau buku atau novel.

Ada dua elemen yang harus diperhatikan, yaitu elemen intrinsik dan elemen ekstrinsik. Beberapa elemen intrinsik yang harus dipertimbangkan adalah penokohan, tema, alur, gaya bahasa, mandat dan pengaturan.

Sementara yang termasuk dalam elemen ekstrinsik adalah latar belakang penulis, visi penulis tentang kehidupan dan situasi sosial.

Setelah memahami elemen-elemen ini, Anda dapat dengan mudah meninjau buku atau novel. Berikut beberapa contoh ulasan buku non-fiksi:

Tujuan Resensi Buku

Undang pembaca untuk membahas lebih lanjut masalah yang diangkat dalam karya yang diproduksi oleh pengulas. Baik itu buku, novel, atau majalah.
Auditor dilakukan untuk memberi pembaca lebih banyak informasi dan informasi tentang suatu pekerjaan untuk ditinjau.
Pertimbangkan pembaca tentang kelayakan suatu karya untuk dibaca atau diterbitkan.
Berikan jawaban dan informasi kepada pembaca tentang pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembaca tentang karya yang telah diterbitkan.

Manfaat Resensi Buku

Untuk pertimbangan dan untuk memberikan gambaran umum kepada pembaca tentang suatu karya dan untuk mempengaruhi mereka pada karya tersebut.
Dapatkan uang atau hadiah dan buku-buku yang akan ditinjau secara gratis oleh penerbit buku jika karya yang mereka review diterbitkan di koran atau majalah.

Ini adalah sarana atau sarana untuk mempromosikan buku. Buku yang ditinjau adalah buku baru yang belum pernah ditinjau oleh orang lain. Oleh karena itu, reviewer adalah sebagai media promosi untuk buku baru untuk menarik perhatian orang yang suka membaca.
Pengembangan kreativitas. Semakin sering Anda menulis, semakin Anda akan dilatih untuk berinovasi lebih banyak dalam menulis. Hal ini dilakukan untuk dapat mengembangkan kreativitas yang kita miliki.

Contoh Resensi Buku Non-fiksi

Identitas buku

Judul Buku: Gadis Cerdas
Penulis buku: Ria Fariana
Penerbit buku: Gema Insani
Kota edisi: Jakarta
Tahun publikasi: 2008
Ketebalan buku: 200 halaman

Sinopsis Gadis Cerdas

Buku memang dirancang untuk membantu remaja putri menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita. Buku ini juga mengeksplorasi bagaimana menjadi wanita yang cerdas dan memiliki kepribadian yang baik menurut hukum Syariah Islam.

Seorang wanita yang cerdas menurut Syariah adalah seseorang yang dapat menggunakan kecerdasannya untuk meningkatkan keyakinannya. Wanita cerdas tidak diukur dari seberapa tinggi nilai rapor.

Tapi bagaimana dia bisa menyelesaikan masalah dalam hidupnya dengan tolok ukur tertentu yang penuh tanggung jawab.

Secara umum, buku ini berisi dasar-dasar menjadi seorang wanita sholeha. Bagaimana Anda menjadi wanita yang cerdas menurut Syariah? Apakah wanita itu harus kurang ajar?

Kami tidak perlu janji. Semuanya bermuara pada serangkaian tips sederhana dan praktis yang dapat membantu memecahkan masalah.

Buku ini dapat membantu membangunkan wanita muda untuk berperilaku sesuai dengan hukum Islam. Dengan membaca buku ini, Anda dapat merenungkan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Dalam buku ini ada banyak kata-kata bijak seperti “Islam mendorong wanita untuk menjadi cerdas sehingga mereka tidak tertipu oleh siapa pun”.

Kelebihan Buku
Dapat menuntun remaja perempuan zaman sekarang untuk hijrah ke jalan yang benar-benar sesuai syariat Agama Islam. Bahasa buku ini mudah sekali untuk diterjemahkan, karena bahasanya merupakan bahasa yang populer dan gaul. Sampul buku ini juga sangat menarik dengan kartun yang lucu dan penuh warna yang menambah penuh keistimewaan buku ini.

Kekurangan Buku
Buku ini sangat sedikit penjualannya dan gambar bergambar yang ada di dalam buku ini masih bewarna hitam putih.

Sumber : santino rice