Konsumsi Kafein Saat Hamil, Apa Saja Efeknya?

Konsumsi Kafein Saat Hamil

S aat Anda hamil, Anda cenderung lebih sadar akan kesehatan dan diet Anda. Anda menyerah hal-hal seperti alkohol, sushi yang dibuat dengan ikan mentah, dan keju lunak yang tidak dipasteurisasi.

Konsumsi Kafein Saat Hamil

Tapi, bagaimana dengan kafein? Apakah Anda harus melepaskan kopi pagi atau produk lain yang mengandung kafein juga? Inilah yang perlu Anda ketahui tentang kafein selama kehamilan.

  • Rekomendasi untuk Keamanan Kafein Selama Kehamilan

Kafein adalah bahan dalam banyak minuman, makanan, dan makanan ringan. Bahkan jika Anda menginginkannya, akan sulit untuk menghindari kafein sama sekali. Untungnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir mengonsumsi kafein dalam jumlah sedikit hingga sedang setiap hari.

Para ahli seperti March of Dimes dan Kongres Ahli Obstetri dan Ginekologi Amerika (ACOG) mengatakan bahwa aman untuk mendapatkan hingga 200 mg sehari.

Itu sama dengan sekitar satu atau dua cangkir kopi 8 ons. Sekarang, kita berbicara tentang cangkir 8-ons di sini, bukan dua cangkir Dunkin ‘Donuts Large atau Starbuck’s Venti-size!

  • Bagaimana Itu Mempengaruhi Ibu Hamil

Meskipun membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan kafein dari tubuh selama kehamilan, ibu hamil biasanya dapat mentoleransi jumlah kafein yang kecil hingga sedang.

Namun, beberapa wanita yang tidak memiliki masalah dengan kolostrum seperti kafein sebelum kehamilan mungkin menemukan itu mempengaruhi mereka secara berbeda begitu mereka mengharapkan.

Wanita yang pernah menyukai secangkir kopi pertama di pagi hari mungkin tidak bisa merasakan aroma atau rasa itu lagi.

Jika Anda masih bisa mentolerir kafein, boleh-boleh saja minum kopi. Perlu diingat bahwa kafein adalah obat dan dapat memiliki efek samping:

  • Bagaimana Pengaruhnya terhadap Bayi yang Belum Lahir

Kafein melewati plasenta dan menuju ke arah bayi. Selama kehamilan, tubuh bayi masih berkembang. Hati, otak, dan sistem saraf belum matang dan tidak bisa menangani kafein seperti orang dewasa dewasa.

Sementara para ahli tidak yakin seberapa banyak kafein memengaruhi bayi, ada beberapa hal yang mereka ketahui:

  • Kekhawatiran Kehamilan

Wanita sering bertanya-tanya apakah kafein dapat menyebabkan cacat lahir, keguguran, persalinan prematur, atau masalah terkait kelahiran lainnya. Penelitian masih berlangsung, tetapi sejumlah kecil kafein tampaknya tidak menimbulkan masalah bagi wanita hamil atau bayi mereka.

Hanya dalam dosis yang sangat tinggi kafein diyakini menjadi masalah: