Linayati Tjindra Pelajaran Berharga

“Anak-anak jalanan seperti anak lainnya. Mereka manja, cerdas, dan kreatif.” Walau belum berkeluarga, namun perempuan yang satu ini memiliki banyak anak yang diasuhnya dalam naungan Yayasan Sahabat Anak. Berkegiatan sosial dilakukannya sejak 1997 kala duduk di bangku kuliah tingkat akhir. Berawal dari menjadi relawan pendamping acara Jambore Anak Jalanan (JAJ) yang diselenggarakan oleh Yayasan KDM.

Sejak itu ia pun aktif dalam pelayanan anak jalanan, mengikuti aksi sosial ke masyarakat suku Baduy, pelayanan ke pedalaman Kalimantan Barat, kampanye Akta Lahir Gratis di Papua, hingga akhirnya bergabung dalam pengembangan eko-wisata bagi penduduk Desa Patoyan di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. “Saya melihat anak-anak jalanan di Indonesia selalu terabaikan. Padahal kita sadar mereka adalah saudara kita juga sebangsa dan setanah air.

Mereka juga manusia berharga ciptaan Tuhan, jadi pada dasarnya sama dengan kita. Tapi sayang, jarang ada yang care pada mereka dan menganggapnya sebagai manusia berharga, jadi mereka tumbuh dengan stigma bahwa mereka miskin, bodoh, tidak punya masa depan, bandel, nakal, kriminal. Padahal bila mereka didekati dan kita menjadi sahabat mereka, kita pasti akan dibuat kaget karena mereka itu sama dengan anak-anak lainnya: manja, cerdas, kreatif, senang dipuji, senang bermain, pejuang keras, dan ‘tough’ dalam menjalani kehidupan keras jalanan,” papar Linayati Tjindra, S.Isip.

Dari pengalamannya bersama anak-anak jalanan, Linayati merasa mendapatkan banyak pelajaran berharga dari mereka. Salah satunya, belajar bagaimana berjuang menghadapi berbagai masalah hidup. “Mereka sangat patuh pada orangtua sekalipun orangtuanya kerap menjadikannya ’mesin uang’ sebagai pengemis, misalnya. Juga, saya belajar bagaimana kakak harus mencintai adiknya. Ada satu kasus yang dramatis sekali, si kakak membawa kabur adik-adik kecilnya yang menjadi korban kekerasan.”

Kerasnya hidup di kota besar memang tidak semua orang kuat menghadapinya, namun anak jalanan justru menjadi sebuah inspirasi betapa mereka sangat kuat menjalani hidup serba kekurangan di jalanan setiap hari. Untuk itu mestinya kita bersyukur yang memiliki pekerjaan dan rumah sendiri. Agar hidup lebih baik dan tidak sombong simak portal gaya hidup modern yang benar agar hidup dapat lebih sehat dan bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan orang di sekitar.