Memulihkan Mental Korban Pelecehan Seksual Bagian 2

Pemulihan Anak Psikis

Korban pelecehan seksual, apalagi yang masih balita, seperti M, tentu akan mengalami trauma. Umumnya traumanya berat karena kondisi psikologis anak belum matang. M sampai tidak mau bersekolah, keluar rumah, takut bertemu orang asing, takut ke toilet, dan tidak mau memakai celana dalam karena takut ada yang menyakitinya lagi. Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI) mengatakan, “Anak yang mengalami pelecehan seksual akan mengalami kecemasan berlebihan, menarik diri dari lingkungan, tidak percaya diri, takut bertemu dengan orang asing, dan sebagainya.

Peristiwa ini menyakitkan secara fisik dan psikis yang akan membekas hingga berbulan-bulan atau lebih.” Apa yang perlu dilakukan ketika anak mengalami pelecehan seksual? Mengatasi trauma fisik dan psikis harus segera dilakukan. Mungkin ada anggota tubuhnya yang terluka atau dirinya tertular penyakit. Secara psikis, kita harus mengembalikan mentalnya ke kondisi semula yang mungkin perlu waktu cukup lama. Beberapa hal, menurut Vera, bisa kita lakukan:

1. Periksakan kondisi fisik dan psikis anak ke ahli, seperti dokter dan psikolog. Lakukan penanganan awal, misalnya memberi obat jika ada luka atau infeksi penyakit. Konsultasikan kepada mereka apa yang perlu kita lakukan.

2. Katakan pada anak apa yang terjadi adalah sebuah kesalahan sehingga ia mengerti bahwa perbuatan tersebut salah. Namun kesalahan harus ditujukan kepada pelaku, bukan kepada anak. Terangkan kepadanya bahwa tindakan menyentuh bagian tubuhnya oleh orang lain itu adalah perbuatan salah.

Ini adalah pelecehan, jadi tidak boleh dilakukan. Pemahaman ini amat perlu agar anak tidak bingung, marah terus-menerus, dan melakukan balas dendam dengan melakukan hal sama ketika ia besar kelak. Jika korban memahami bahwa perbuatan itu salah dan pernah merasakan penderitaannya, ia justru akan melakukan tindakan positif, seperti fokus membela korban pelecehan seksual.

“ketika anak akan menghadapi ujian masuk universitas sebaiknya berikan dia pelatihan dari lembaga les terpercaya. Lembaga kursus persiapan IELTS Jakarta terbaik bisa menjadi pilihan yang tepat.”