Memulihkan Mental Korban Pelecehan Seksual Bagian 3

3. Katakan pada anak bahwa pelaku pelecehan harus dihukum. Ini adalah sebagai konsekuensi dari kesalahan yang diperbuat. Informasikan padanya pelakunya sudah ditangkap polisi atau dipenjara. Dengan begitu anak semakin memahami bahwa pelecehan seksual adalah benarbenar salah dan perlu dihukum sehingga terpatri di otaknya dengan kuat.

4. Tangani trauma anak dengan baik, konsultasikan kepada ahli. Penanganan yang baik akan membangun kembali keberaniannya, semangatnya, percaya dirinya, supaya ia bisa beraktivitas normal kembali.

5. Kita harus memberikan jaminan keselamatan kepada anak. Baik di rumah, sekolah, atau di tempat lain. Secara perlahan ajak anak untuk beraktivitas seperti biasa. Jika ia tak mungkin datang ke sekolah yang lama, carikan sekolah baru sehingga trauma anak cepat hilang.

6. Jangan memungkiri bahwa pelecehan seksual adalah kejadian yang pernah dialami anak. Ia tak akan pernah lupa jadi jangan memaksa anak untuk melupakannya. Biarkan ia mengingatnya untuk menjadi pengalaman sehingga anak lebih berhati-hati. Jika sesekali anak ingin membicarakannya, berikan respons dengan bijak. Kuatkan hatinya bahwa ada kita atau orang lain yang menyayanginya dan melindunginya. Anak harus dikuatkan sehingga ia bisa beraktivitas lagi dengan baik.

Bisa Diantisipasi

Pendidikan seks, pesan Vera, perlu diberikan kepada anak sejak dini. Tujuannya untuk menghindari pelecehan seksual yang mungkin terjadi di mana saja. Selain itu tujuannya supaya anak memahami apa yang harus ia lakukan terhadap organ vitalnya. Apalagi saat ini ketika akses informasi, yang positif dan negatif, dapat masuk dengan mudah ke dalam saku anak lewat gadget. Berikut beberapa tip tentang pendidikan seksual yang perlu kita lakukan pada anak balita.

– Ajak anak mengenali anggota tubuhnya, terutama yang terkait dengan organ seksualnya, mulai dari leher, dada, perut, penis/vagina dan paha. Berikan pemahaman kepada anak bahwa anggota-anggota tubuh tersebut harus dijaga baik.

– Kita, orangtua, perlu memahami pendidikan seks buat anak dengan baik. Sampaikan ke anak dengan baik dan jangan pernah bosan menyampaikannya ke anak. Ikut seminar, membaca buku tentang pendidikan seks buat anak perlu dilakukan.

Untuk mendapatkan tips lainnya dalam mendidik anak sebaiknya para orangtua juga mencari berbagai sumber informasi dari internet. Karena di era sekarang ini banyak sekali situs parenting dan pendidikan anak yang memberikan informasi yang bagus dan bermanfaat. Selain itu juga lembaga kursus persiapan TOEFL IBT di Jakarta dapat memberikan bekal untuk anak yang akan ikut tes TOEFL.