Panduan Memilih Ukuran Tali Jam Tangan untuk Pemula

Mengenakan jam tangan merupakan sebuah kewajiban bagi banyak orang. Ini karena, jam tangan tak hanya digunakan untuk menunjukkan waktu saja, tetapi juga sebagai sebuah aksesoris yang mempu menunjang penampilan para pemakainya. Beberapa brand ternama, seperti jam tangan Casio, Seiko, dan lainnya menawarkan banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Saat ini, jam tangan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, sampai pada dasarnya terdapat jam tangan untuk setiap jenis tubuh, gaya busana, dan tingkat kenyamanan. Dengan kata lain, terdapat sebuah jam tangan yang cocok dengan selera dan kebutuhan setiap individu tersebut. Sayangnya, pilihan yang hampir tidak terbatas juga cenderung membuat sulit memilih jam tangan yang tepat.

Salah satu pertimbangan penting yang terkadang diabaikan ketika memilih jam tangan adalah bagaimana jam itu pas di pergelangan tangan. Ini bukan hanya masalah kenyamanan. Ukuran pergelangan tangan dan tangan orang yang berbeda dapat membuat jam tangan terlihat aneh. Untuk membantu Anda, berikut adalah panduan memilih ukuran tali jam tangan untuk pemula yang dapat Anda aplikasikan.

Menemukan gaya tali jam tangan yang tepat

Ketika Anda sudah menemukan jenis jam tangan yang tepat, baik itu analog atau digital, mekanis atau bertenaga baterai, multifungsi atau biasa, atau bahkan smartwatch – faktor penting berikutnya adalah memilih mana yang cocok dengan gaya pribadi Anda. Beberapa orang memilih kombinasi modern klasik seperti smartwatch tali kulit, sementara yang lain lebih suka kekuatan dan masa pakai yang lama, seperti jam tangan analog tali stainless-steel.

Para kolektor / penggemar jam tangan pasti memiliki gaya tersendiri untuk setiap kesempatan, tetapi tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut. Hal tersebut tidak menjadi sebuah permasalahan, jika Anda membeli jam tangan yang tepat dan dapat digunakan pada acara apapun. Akan tetapi, salah satu hal yang tidak boleh diremehkan adalah menemukan tali jam tangan yang cocok untuk Anda.

Menentukan lebar tali jam

Pada umumnya, tali jam yang sangat tipis akan terlihat lebih kecil pada pergelangan tangan yang besar, sementara seseorang dengan pergelangan tangan kecil mungkin ingin menghindari tali jam yang sangat tebal.

Meskipun tidak ada aturan yang mengikat tentang seberapa tebal tali jam yang seharusnya digunakan oleh seseorang, namun, para ahli gaya berpakaian akan merekomendasikan jika lebar tali jam harus sekitar setengah dari diameter kasingnya itu sendiri. Lebar rata-rata sebagian besar jam tangan pria adalah sekitar 18 dan 24 milimeter (dengan diameter kasing umumnya antara 38 dan 46 milimeter). Karena beberapa tali jam memiliki pengikat berbentuk lancip di ujungnya, maka ukuran lebar harus diukur antara bagian di mana tali terhubung ke kasing.

Pada umumnya, lebar tali jam akan didasarkan pada diameter kasingnya itu sendiri, hal ini akan membuat Anda harus terlebih dahulu menentukan ukuran kasing seperti apa yang Anda butuhkan. Anda dapat memanfaatkan ukuran lingkar pergelangan tangan untuk memudahkan Anda melakukan hal tersebut.

Pada umumnya, pergelangan tangan yang berukuran enam inci terlihat paling baik dengan diameter kasing jam ukuran 38 milimeter; apabila pergelangan tangan memiliki ukuranenam setengah inci setengah inci, maka kasing yang digunakan adalah 40 milimeter, dan seterusnya dalam kenaikan ukurran yang serupa.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki pergelangan tangan dengan ukuran sekitar tujuh inci, maka kasing jam berukuran 42 milimeter adalah pilihan yang terbaik, yang berarti Anda mungkin harus memilih tali jam dengan lebar 21 milimeter (namun, selera pribadi adalah faktor yang paling penting).

Standar pengukuran ini berlaku untuk semua gender. Ukuran pergelangan tangan wanita, rata-rata, berkisar dari enam setengah sampai delapan inci, sedangkan pria umumnya antara delapan dan sembilan inci. Hal ini membuat akan membuat Anda lebih mudah untuk mengetahui ukuran lebar tali yang tepat berdasarkan informasi yang ada di atas.

Menentukan panjang tali jam

Pada umumnya, untuk wanita, ukuran panjang tali jam adalah antara enam dan tiga perempat hingga delapan inci, sementara pria rata-rata antara tujuh dan tiga perempat dan sembilan setengah inci. Meskipun mungkin tidak tampak banyak variasi, jika pergelangan tangan Anda di bawah atau di atas ukuran rata-rata, maka kisarannya bisa menjadi perbedaan antara inci dari tali yang menggantung dan jam tangan yang ada pada pergelangan tangan Anda.

Untuk mengukur panjang keseluruhan tali jam, maka Anda harus memasukkan diameter kasingnya juga. Panjang ekstra tersebut adalah apa yang memungkinkan satu tali jam cocok dengan berbagai pergelangan tangan. Kebanyakan orang akan menemukan panjang rata-rata tali jam sudah cukup untuk kebutuhan mereka, tetapi tentu saja, tidak semua orang akan melakukannya.

Cara memilih ukuran tali jam yang tepat

Pada umumnya, ukuran jam dirancang berdasarkan rata-rata. Sama seperti pakaian, sebagian besar orang akan dapat menemukan yang cocok dan nyaman dalam ukuran yang normal. Namun gaya personal Anda akan selalu memainkan peran dalam seberapa baik Anda menyukai ukurannya, akan tetapi, dalam hal kenyamanan, ukuran rata-rata adalah pilihan yang terbaik.

Pada umumnya, untuk menentukan lebar dan panjang tali jam tangan yang tepat untuk Anda, terdapat beberapa trik sederhana yang dapat dilakukan. Pertama, jika Anda sudah memiliki jam tangan dan Anda menyukai ukuran dan kesesuaiannya, maka Anda dapat membuat perbandingan (dengan asumsi Anda tidak membeli secara online). Hal tersebut adalah cara paling sederhana untuk menentukan pilihan Anda.

Setelah Anda mengetahui panjang pergelangan tangan Anda, maka Anda dapat menentukan ukuran lainnya. Pada umumnya, panjang tali jam Anda harus berada dalam setengah inci dari lingkar pergelangan tangan Anda, hal ini tergantung pada diameter dan ketebalan kasing jam Anda. Ingat, kita berbicara tentang panjang tali jam tangan, bukan keseluruhan jam tangan. Ketika Anda melihat ukuran jam tangan yang dijual secara online, periksa kembali untuk memastikan Anda tahu panjang yang mereka tawarkan.

Memilih ukuran tali jam tangan yang tepat untuk Anda bukanlah suatu hal yang sulit, tetapi ini masih merupakan langkah penting dalam membeli jam tangan yang tepat.