Pengertian Teks Eksplanasi Berikut Contohnya

Semua peristiwa yang terjadi di sekitar kita tidak hanya terjadi tetapi ada sebab dan proses yang menyertainya. Kita dapat menemukan suatu peristiwa dari informasi yang disajikan dalam teks eksplanasi . Singkatnya, teks ekspansi ini berisi alasan dan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Sekarang ada banyak contoh teks eksplanasi yang dapat Anda temukan.

Pengertian teks eksplanasi

Seperti disebutkan di atas, teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang mengapa dan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Hal ini sejalan dengan manusia yang diberkahi dengan akal dan pikiran yang dapat digunakan untuk alasan suatu peristiwa sehingga penyebab suatu peristiwa ditemukan.

Juga, perlu diingat bahwa setiap peristiwa yang memiliki hubungan kausal dan selalu ada proses yang menyertainya. Ciri-ciri yang menonjol dari teks penjelasan ini adalah fakta bahwa ia ditransmisikan tanpa membubuhkan pendapat yang belum jelas, isi teks cenderung ilmiah, informatif dan strukturnya mengacu pada deklarasi umum, urutan sebab, akibat, dan interpretasi .

Contoh Teks Eksplanasi

Agar tidak ada kesulitan, berikut adalah contoh teks penjelasan yang bisa Anda rujuk.

Proses banjir

Di musim hujan seperti ini Indonesia sangat rawan banjir. Banjir sering terjadi karena sungai, saluran air dan danau tidak lagi mampu menampung kapasitas air sungai yang debitnya cenderung tinggi selama musim hujan. Akibatnya, air akan meluap dan membanjiri lingkungan sekitar.

Ada dua faktor yang menyebabkan banjir, faktor alam pertama dan kedua adalah faktor sosial. Faktor alam di sini adalah faktor yang disebabkan oleh alam.

Dalam hal ini, ketika hujan terus menerus, air sungai dan danau akan meluap dan membanjiri pemukiman di sekitarnya. Sementara itu, untuk faktor sosial ini merujuk pada perilaku manusia itu sendiri. Di mana manusia memiliki kebiasaan mengotori, jelas sampah ini akan menyebabkan sungai mengalir tidak merata, menyebabkan banjir.

Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan bahwa penyebab banjir bukan hanya faktor alam, tetapi juga peran manusia di dalamnya. Mungkin selama ini kita sering menyalahkan hujan dan alam, sekalipun penyebab banjir itu juga tindakan kita sendiri.

Karena itu, kami membangun bersama kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempatnya untuk menghindari bencana banjir.

Demikian Pembahasan tentan artikel contoh teks eksplanasi semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih!

Sumber : https://rumusrumus.com/