Sholat Tahajud Tanpa Tidur

Sholat Tahajud Tanpa Tidur

Pertanyaan tentang sholat tahajud tapi tidak tidur terlebih dahulu, apakah sah atau dihitung bukan sholat tahajud, banyak pertanyaan yang sebenarnya maksudnya adalah tentang syarat tahajud, apakah harus tidur terlebih dahulu atau bisa tanpa tidur terlebih dahulu?.

Pendapat yang lebih kuat insya ALLAH syarat tahajud harus tidur terlebih dahulu, dan jika kita sholat malam tidak di dahului dengan tidur maka itu dinamakan qiyammullail, atau hanya ibadah malam saja dan bukan tahajud.

Pahala Besar Shalat Malam Walau Tidak Tidur Dahulu

Tapi bukan berarti sholat malam tanpa tidur dulu tidak mempunyai keutamaan, tetap pahala yang di dapatkan juga besar dan itu lebih baik dibandingkan yang tidak sholat malam sama sekali.

Hal ini di contohkan oleh sahabat yang mulia yaitu Abu Bakar Radiallahuanhum, Abu Bakar sering sebelum tidur sholat witir 3 rakaat terlebih dahulu, dan maksud dari Abu Bakar adalah agar nanti saat malam tidak terbangun maka beliau sudah sholat witir.

Dan bila ia terbangun maka beliau melaksanakan sholat tahajud seperti biasa, tapi tidak di tutup dengan sholat witir. Hal ini juga berlaku pada saat ramadhon, setelah kita mengikuti sholat tarawih berjamaah bersama imam sampai witir, Lalu pas waktu saur ingin sholat tahajud, maka di bolehkan, tapi tidak perlu melakukan sholat witir lagi, karena sholat witir hanya boleh di lakukan satu kali setiap malam.

Cara Menjaga Keistiqomahan Sholat Tahajud

Shalat tahajud memang berat dilakukan, kecuali oleh orang yang benar-benar mendapat taufiq dari ALLAH Aza Wajallaa, betapa tidak, disat orang orang tertidur ia melakukan ibadah sholat. Tapi berat bukan berarti tidak bisa, berikut tips cara agar bisa istiqomah sholat tahjud setiap malam, di kutip dari penaungu.com.

Berdoa kepada ALLAH Azawajallaa meminta agar dikuatkan dan di istiqomahkan shalat tahajud setiap malam, karena semua kekuatan dan semua yang kita lakukan atas izin dari ALLAH Azza Wa Jallaa, dan jika doa kita di kabulkan maka tidak ada yang tidak mungkin kalau Allah berkehendak.

Berwudhu sebelum tidur dan berniat untuk bangun di malam hari agar bisa melakukan sholat tahajud.

Ketahui dan baca apa saja fadhilah atau keutamaan dari sholat tahajud itu sendiri, karena memang kita beramal biasanya mengharapkan sesuatu dari ALLAH,entah itu keinginan duniawi maupun keinginan akhirat.

Pasang weker atau alarm, setting alarm sesuai keinginan kita ingin bangun jam berapanya.

Jika sudah terjaga dari tidur, segera baca doa bangun tidur lalu bangkit dan segera berwudhu, jangan menunda-nunda karena bsisikan syetan masih sangat kuat untuk menghalangi kita dari sholat tahajud.

Kesimpulannya sholat tahajud itu harus tidur terlebih dahulu, dan menanamkan tekad yang kuat kedalam hati kita untuk selalu melaksanakan sholat tahajud adalah salah satu kunci untuk bisa istiqomah.

Semoga kita termasukorang yang selalu istiqomah menjalankan sholat tahajud.