Sinopsis Makmum, Si Pengganggu Ibadah yang Tak Terlihat

Sinopsis Makmum, Si Pengganggu Ibadah yang Tak Terlihat

Sinopsis Makmum. Layar bioskop Indonesia bulan Agustus dimeriahkan dengan film-film Indonesia dari berbagai jenis dan genre. Jika genre perjuangan, thriller, komedi romantis, dan drama sudah, kini genre horror pun tidak ingin ketinggalan menunjukkan taringnya. Film Makmum disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu menampilkan cerita horror tentang setan pengganggu ibadah manusia sehingga ibadahnya tidak khusyuk.

Film Makmum berawal dari film pendek dengan judul yang sama “Makmum” hasil karya sutradara Riza Pahlevi asal Yogyakarta. Kemudian di tangan rumah produksi yang diproduseri oleh Deeraj Kalwani dengan Riza Pahlevi sebagai penulis naskah. Rizal Pahlevi mengungkapkan ingin memperlihatkan bahwa setan penganggu ibadah manusia itu akan selalu menggoda sampai solat manusia tidak khusyuk, mengikuti lantunan doa, dan menjadi makmum (saat berjamaah)

Kisah bermula saat tiga siswi yaitu Nurul (Tissa Biani), Nisa (Bianca Hello), dan Putri (Adilla Fitri) terpaksa harus tinggal di asrama pada masa liburan lantaran nilai mereka tidak tuntas. Keadaan asrama yang sepi menjadikan suasana mencekam. Apalagi adanya gangguan-gangguan dari setan penunggu asrama yang sering datang menganngu. Tidak hanya datang menganggu saja, namun juga merasuki salah satu siswi yaitu Putri.

Di akhir cerita diungkapkan bahwa setan yang menganggu itu adalah arwah penasaran yang meninggalnya tidak layak. Padahal dalam islam sendiri tidak ada konsep yang namanya arwah penasaran. Yang ada adalah jin yang menyerupai.

Awalnya agak berpikir, bagaimana film pendek yang durasinya sedikit kemudian digubah menjadi film layar lebar yang punya durasi lebih dari 100 menit. Tapi, melihat triller resmi yang di upload di akun resmi MD Pictures sudah cukup membuat ketakutan. Apalagi kalau melihat secara langsung di layar lebar dengan durasi penuh.

Proses pengambil gambarnya sendiri bertempat di Ciherang, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya di rumah sakit khusus paru yang dirubah jadi RS jiwa selama 24 hari.

Film ini diramaikan oleh aktris papan atas Titi Kamal dan jajang Noer serta dimeriahkan oleh artis-artis muda seperti Rissa Biani, Bianca Hello, Adila Fitri, serta Ali Syakieb. Film ini sendiri mudah tayang mulai hari Kamis lalu 15/8/2019.